Skip to main content

4 Manfaat Menekuk Jari-Jari Tangan


Menurut sebuah laporan ilmu pernapasan Shao Lin menduduki peringkat teratas dari ribuan jenis olahraga pernapasan yang ada. Apakah sebabnya nilai pernapasan Shao Lin begitu tinggi? Hal ini dikarenakan ilmu pernapasan ini di samping sebagai suatu metode penyembuhan, juga dapat meningkatkan kesehatan daya pikir serta menunda proses menuanya sel-sel otak kita.

Hal ini di akui oleh banyak pakar ilmu pernapasan di Cina. Mengapa khasiat ilmu pernapasan Shao Lin begitu nyata? Sebab yang utama adalah bahwa ilmu pernapasan Shao Lin merupakan suatu ilmu peninggalan yang telah beratus-ratus tahun dan direvisi melewati beberapa zaman dan baru sempurna saat ini.

Gerakan menekuk jari-jari tangan dan kaki adalah rangkaian dan juga keistimewaan dari ilmu pernapasan Shao Lin. Dikatakan " istimewa " karena gerakan ini tidak terdapat pada ilmu pernapasan yang lain, di samping mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Gerakan menekuk jari-jari tangan dan kaki,mempunyai arti penting dalam latihan pernapasan Shao Lin. Dengan menekuk jari -jari tangan dan kaki, secara langsung merangsang sel-sel otak dan organ-organ yang ada di dalam tubuh kita agar bekerja lebih aktif, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun daya pikir kita secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja, manfaat dari menekuk jari-jari tangan kaki terhadap kesehatan kita masih banyak lagi, antara lain:

1. Memperkuat medan biomagnetis

Tubuh manusia adalah sebuah medan magnet kecil, menekuk jari-jari tangan/kaki, berarti memotong lintasan garis biomagnetis, sehingga menimbulkan suatu respons yang menambah kuatnya bioelektrik di dalam tubuh kita. Karena bertambah kuatnya bioelektrik, maka makin bertambah kuat pula arus biomagnetis di dalam tubuh kita, sehingga seluruh sel-sel otak akan mengalami magnetisasi. Dengan demikian, maka akan bangkit suatu daya kerja yang sangat besar, akan tetapi energi-energi yang terbakar malahan menjadi berkurang.

2. Membuka lebar titik akupunktur Lau-Kung

Menekuk jari-jari tangan/kaki dapat membuka lebar titik akupunktur Lau-Kung (letaknya di pusat telapak tangan) dan Yung-Quan (letaknya di pusat telapak kaki), sehingga pertukaran hawa murni antara tubuh manusia dengan alam dapat lebih leluasa.

3. Mempersingkat waktu pencapaian kematangan latihan

Meskipun menekuk jari-jari tangan/kaki hanya merupakan gerakan-gerakan kecil, akan tetapi hal tersebut dapat mengakibatkan kontak langsung merangsang sampai ke seluruh tubuh, sehingga cepat dapat memetik hasil dari latihannya.

4. Memperlancar peredaran darah

Sewaktu menekuk jari-jari tangan/kaki, kondisi ini merupakan bendungan terhadap aliran darah (untuk sementara) dan ketika jari-jari tangan/kaki kembali ke posisi semula, aliran darah mendadak menjadi deras. Dengan demikian dapat memacu lebih lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Tempat-tempat bekas hambatan atau sumbatan oleh aliran darah tadi, akan kembali menjadi normal.

Dari uraian tersebut, cukup beralasan bagi kita memahami bahwa menekuk jari-jari tangan dan kaki, dapat mengaktifkan fungsi otak besar dan meningkatkan kecerdasan serta menunda proses menuanya seseorang bahkan dapat memperpanjang umur.


Sumber : Ilmu Pernapasan Meditasi Leung Fung

Comments

Popular posts from this blog

Apa yang Dilakukan Saat Gerhana Matahari Terjadi?

Pada tanggal 9 maret 2016 kita akan menyaksikan kejadian alam yang langka yang hanya terjadi selama 350 tahun sekali, yaitu gerhana matahari total. Dan negara kita, Indonesia ini menjadi satu-satunya wilayah daratan yang dilalui gerhana matahari total ini. Total ada 12 provinsi di Indonesia yang akan dilalui gerhana matahari total ini. Berikut ke-12 provinsi yang akan dilalui gerhana matahari total ini : 1. Sumatera Barat 2. Bengkulu 3. Jambi   4. Sumatera Selatan 5. Bangka Belitung 6. Sulawesi Barat 7. Sulawesi Tengah 8. Maluku Utara 9. Kalimantan Barat 10.Kalimantan Selatan 11.Kalimantan Tengah 12.Kalimantan Timur Referensi : nationalgeographic Untuk kalian yang berada di daerah yang termasuk dilewati gerhana matahari total, tidak diperkenankan melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. Berikut beberapa tips melihat gerhana matahari total : 1. Tidak Menggunakan Kacamata Hitam Menggunakan kacamata hitam untuk melihat gerhana matahari sama saja An

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Yuk Bangun Kebiasaan Positif di Pagi Hari !!

Pagi hari adalah awal dari kita untuk memulai hari-hari. Pagi hari bisa menjadi kunci produktivitas kita di siang hari. Dengan membiasakan diri melakukan kebiasaan positif di pagi hari,kita akan bisa lebih menikmati hari-hari. Berikut beberapa kebiasaan positif di pagi hari yang bisa kita lakukan : 1. Bangun Lebih Awal Sebuah penelitian di university of education yang terletak di heidelberg, menunjukan orang yang bangun lebih pagi cenderung memiliki energi yang lebih banyak. Dengan bangun lebih awal kita jadi punya waktu untuk mempersiapkan segala sesuataunya sebelum melakukan aktivitas. Selain itu mahasiswa yang rajin bangun lebih awal cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi ketimbang mereka yang suka bergadang di malam hari. Bangun lebih pagi pun dapat membuat mental lebih positif dan optimis. Studi lain menunjukan orang yang bangun lebih awal cenderung memiliki tubuh yang langsing ketimbang mereka yang bangun nya lebih siang. 2. Berdo'a Berdo'a di pagi ha