Skip to main content

Apa yang Dilakukan Saat Gerhana Matahari Terjadi?




Pada tanggal 9 maret 2016 kita akan menyaksikan kejadian alam yang langka yang hanya terjadi selama 350 tahun sekali, yaitu gerhana matahari total.

Dan negara kita, Indonesia ini menjadi satu-satunya wilayah daratan yang dilalui gerhana matahari total ini. Total ada 12 provinsi di Indonesia yang akan dilalui gerhana matahari total ini.

Berikut ke-12 provinsi yang akan dilalui gerhana matahari total ini :
1. Sumatera Barat
2. Bengkulu
3. Jambi  
4. Sumatera Selatan
5. Bangka Belitung
6. Sulawesi Barat
7. Sulawesi Tengah
8. Maluku Utara
9. Kalimantan Barat
10.Kalimantan Selatan
11.Kalimantan Tengah
12.Kalimantan Timur

Referensi : nationalgeographic

Untuk kalian yang berada di daerah yang termasuk dilewati gerhana matahari total, tidak diperkenankan melihat gerhana matahari dengan mata telanjang.

Berikut beberapa tips melihat gerhana matahari total :

1. Tidak Menggunakan Kacamata Hitam

Menggunakan kacamata hitam untuk melihat gerhana matahari sama saja Anda berusaha "membunuh" mata anda, karena material dari kacamata hitam tidak cukup kuat untuk menahan cahaya matahari. Dan itu bisa berdampak pada rusaknya retina mata anda.

2. Gunakan Filter Matahari

Filter matahari biasa terdapat pada peralatan penglihat seperti teleskop,kamera dan teropong. Ada baiknya menggunakan filter yang diproduksi oleh merk ternama dan terpercaya.

3. Gunakan Kacamata Las

Kacamata las dengan tingkat kegelapan nomor 14 adalah salah satu filter yang paling terjangkau dan banyak tersedia yang bisa Anda dapat dengan cukup mudah.

Hal yang lebih baik daripada hanya melihat keindahannya adalah dengan melaksanakan sholat sunnat gerhana/sholat sunnat sufuk serta berdzikir.

Gerhana matahari dan gerhana bulan merupakan tanda-tanda keagungan Tuhan sebagai pencipta alam. Dan dengan peristiwa itu manusia lebih disadarkan untuk mengingat Tuhan penciptanya,dengan jalan memperbanyak dzikir,takbir,taubat dan shodaqoh.

Shalat sunnat sufuk atau gerhana ini bisa dilakukan secara berjamaah atau dilakukan sendiri-sendiri.
Berikut tata cara melaksanakan shalat sunnat sufuk :

Waktunya : waktu sedang terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan.

Banyaknya : Dua raka'at

Niat shalat sunnat sufuk :
Untuk gerhana matahari

USHALLI SUNNATAL KUSUFISY-SYAMSI RAK'ATAINI LILLAHI TA'AALAA. ALLAHU AKBAR
"aku niat shalat sunnat kusufisy syamsi(gerhana matahari) dua raka'at karena Allah ta'aalaa."

Sebenarnya ada beberapa cara,namun kali ini kita akan menjelaskan tatacara paling mudah.

Tatacaranya :
Pelaksanaan shalatnya sama seperti shalat sunnat yang lain,sebagaimana biasa. Yaitu takbir-baca Fatihah-baca surat-ruku-itidal(berdiri dari rukuk)-sujud-duduk diantara dua sujud-sujud-kemudian berdiri lagi. Raka'at kedua sama dengan raka'at pertama,diakhiri dengan salam.

Demikian hal yang bisa dilakukan saat gerhana matahari. Semoga informasi ini bisa membantu dan jika ini bermanfaat silakan share kepada teman-teman Anda. Terima kasih.

Comments

  1. Biasanya hampir gak pernah mau liat gerhana, tp mau coba nanti, mantap metode nya, hehe

    ReplyDelete
  2. pengen liat tapi gabisa liat :'v

    ReplyDelete
  3. Jawa barat ga ada ya mas?

    Kalau sumber referensinya dicantumkan lebih mantap tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawa barat gak termasuk pak.. siip.. terima kasih sarannya pak..

      Delete
  4. yah gan jabar gak kebagian ya?

    ReplyDelete
  5. Jangan khawatir banyak station tv yang bakal nayangin secara live kok..

    ReplyDelete
  6. ditempatku gak kena, cuman gelap dikit. kebanyakan org disini menyambutnya dengan solat sunnah gerhana

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil