Skip to main content

Anda Biasa Konsumsi Bawang Merah? Waspada Konsumsi Berlebihan Dapat Mengakibatkan....

Bawang Merah merupakan bahan masakan yang tidak asing bagi kita warga negara Indonesia. Banyak masakan khas indonesia yang menggunakan bahan ini.
Tidak hanya di Indonesia namun bahan ini juga menjadi primadona di beberapa masakan luar. sebenarnya bawang merah berasal dari iran,pakistan namun sekarang kita bisa menemui bawang merah di mana saja termasuk di negara kita ini.

Bawang merah yang memiliki nama latin (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) ini selain menambah lezat pada masakan ternyata bawang merah ini juga memiliki manfaat yang luar biasa.
Berikut beberapa manfaat dari bawang merah ini :

1.Anti bakteri dan Virus

Kandungan Anti virus dan bakteri pada bawang merah mampu mencegah seseorang terkena bakteri atau virus. Selain itu bawang merah pun memilki sifat anti jamur. Karena sifat anti bakteri dan anti virusnya ini bawang merah biasa dimanfaatkan sebagai penyegar udara di dalam kamar.
Caranya : iris tipis bawang merah dan letakan di kamar. (tidak disarankan untuk yang memiliki alergi terhadap bawang merah )

2.Mampu Mengurangi Kolesterol

Allicin yang terdapat pada bawang merah mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

3.Pencegahan Kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada bawang merah mampu mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

4.Mampu Mengatasi Gigitan Serangga

Sifat bawng merah yang anti bakteri baik bagi penyembuhan gigitan serangga. Caranya cukup dengan menggosokan bawang merah yang telah dikupas ke bagian yang terkena gigitan serangga.

5.Baik untuk Kekebalan Tubuh

Vitamin C pada bawang merah mampu menaikan kekebalan tubuh

6.meningkatkan kesehatan jantung

bawang kaya akan antioksidan, termasuk allicin dan quercetin, yang dianggap anti-hypertensives. Berdasarkan studi manusia dan hewan, quercetin pada bawang dapat mengurangi tekanan darah. Allicin adalah senyawa khusus yang ditemukan dalam bawang merah, bawang putih dan bawang lainnya yang dirilis bila Anda menusuk kulit mereka.

Menurut peninjauan yang dilakukan oleh Department of Applied Biology at Hong Kong Polytechnic University pada tahun 2013 , "Allicin ditemukan lebih melindungi sistem kardiovaskular dengan meningkatkan status antioksidan dan menurunkan tingkat spesies oksigen reaktif dan merangsang produksi glutathione." Glutathione sering disebut "master antioksidan" dan dikenal mampu meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara.

Senyawa allicin dapat menghambat enzim reduktase tertentu yang diproduksi di hati untuk membuat kolesterol. Mereka membantu meningkatkan sirkulasi dan melebarkan pembuluh darah, yang menjadikan mereka obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang juga dikenal untuk melawan peradangan yang merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.


Kandungan Bawang Merah
Setelah melihat manfaatnya kalian pasti penasaran kan akan kandungannya? Berikut kandungan bawang merah yang dikutip dari organisasi.org 


Dampak Negatif Konsumsi Berlebihan
Selalu apapun yang berlebihan pasti tidak baik bagi tubuh. Berikut dampak negatif dari Konsumsi berlebihan bawang merah :

1. Penurunan Drastis Pada Gula darah
Karena efek ini sebaiknya para penderita diabetes tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan ada baiknya apabila berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

2.Iritasi Lambung
Konsumsi bawang terlalu banyak dapat mengakibatkan mual,iritasi lambung bahkan rasa terbakar.

3.Wanita Hamil dan Menyusui
Pada wanita hamil dan menyusui sebaiknya perhatikan konsumsi bawang merah karena dapat mengakibatkan mulas.

4.Tekanan Darah
Konsumsi bawang merah dalam jumlah tepat mampu mengurangi tekanan darah. Tapi ketika konsumsi berlebihan akan berefek sebaliknya. sebaiknya berhati-hati mengonsumsinya.

Sekali lagi konsumsi dengan bijak dan secukupnya agar dapat manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil