Skip to main content

Yang Wajib Anda Ketahui dari Buah Pepaya !!

Buah pepaya adalah buah yang berasal dari mexico selatan. Buah yang bernama latin carica papaya L ini pun cukup mudah dijumpai di negara-negara tropis seperti di negara kita yang tercinta ini, Indonesia.

Buah yang memiliki warna daging oranye kemerah-merahan ketika matang ini,selain rasanya yang enak dan harganya cukup terjangkau oleh semua kalangan, buah pepaya ini terkenal dengan manfaatnya untuk melancarkan pencernaan.

Karena manfaatnya itulah buah pepaya ini sering dijadikan cemilan untuk mereka yang sedang berdiet. Selain manfaat seprti yang disebutkan diatas ternyata buah pepaya ini memiliki manfaat lain yang tidak kalah dengan buah lainnya.

Penasaran kan dengan manfaatnya??
Langsung saja. Berikut beberapa manfaat dari buah pepaya :

1.Melancarkan Pencernaan
Seperti yang disinggung di awal tadi,buah ini terkenal dengan manfaatnya yang satu ini. Ternyata yang membuatnya bisa melancarkan pencernaan adalah kandungan serat dan air yang tinggi pada buah pepaya ini lah yang berperan dalam menyehatkan saluran pencernaan.

2.Sumber Antioksidan
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pepaya yang membuatnya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.Anti Inflamasi
Enzim papain dan chymo papain pada buah pepaya inilah yang berperan penting dalam mencegah inflamasi (peradangan).

4.Melindungi Sistem Kardiovaskular
Beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah pepaya mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner dan stroke.

5.Mengurangi Berat Badan

Enzim yang terdapat pada buah pepaya berdampak pada pengurangan lemak,karbohidrat dan protein pada tubuh. Sehingga menjadikan sistem metabolisme menjadi lebih baik dan pembakaran lemak menjadi energi pada tubuh berlangsung dengan baik.

6.Mengurangi Resiko Terkena Kanker Prostat
Didalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition (Jian L, Lee AH, et al.) mendapatkan bahwa pria yang rajin mengonsumsi buah yang kaya akan lycopene seperti pepaya,memiliki 86% lebih kecil terkena kanker prostat.

Kandungan Buah Pepaya

Dilansir dari nutritiondata.self.com per 140g buah pepaya memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut :

Meskipun banyak manfaatnya,perlu di perhatikan juga jumlah konsumsinya. Apapun yang berlebihan selalu memiliki dampak tidak bagus pada tubuh.

Berikut dampak negatif jika kita konsumsi buah pepaya berlebihan :

1.Dapat Mengakibatkan Gangguan Pernapasan
Terlalu banyak mengonsumsi buah pepay dapat mengakibatkan gangguan pernapasan. Hal ini dapat terjadi karena enzim papain merupakan alergen yang kuat. Dimana ketika dikonsumsi berlebih,enzim ini dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan seperti : mengi danasma

2.Mengakibatkan Sakit Perut
Makan terlalu banyak buah pepaya dapat mengakibatkan sakit perut. Ini dikarenakan kandungan serat dan lateks dari kulit pepaya yang berlebih dalam tubuh.

3.Menyebabkan Karotenemia
Jika dikonsumsi secara berlebihan,kandungan beta karoten pada buah pepaya dapat membuat perubahan warna kulit. Di dunia medis peristiwa ini disebut karotenemia. Ciri-ciri karotenemia : Putih mata,telapak kaki dan telapak tangan menjadi kuning seperti terkena penyakit kuning.

Tips Konsumsi
-Konsumsilah secukupnya,sesuai kebutuhan. untuk diketahui per 140g pepaya mengandung sekitar 54,6 kalori. Sekitar 3% dari kebutuhan harian kalori tubuh orang dewasa.
-Konsumsi Pepaya yang benar-benar matang. Karena dalam pepaya yang mentah terdapat lateks yang dapat memicu sakit perut/gangguan pencernaan.
 

Comments

  1. Kirakira berapa kali dikonsumsi per hari untuk bisa mendapatkan berat badan ideal gan?

    ReplyDelete
  2. Saya sih biasanya 1 potong di pagi hari sebelum makan. Sama 1 potong di siang hari sebelum makan.. tiap orang kan beda2.. jangan makan 1 buah aja sendirian.. hihi.. ntar tambah berat.. oiya iringi sama olahraga biar maksimal..

    ReplyDelete
  3. kalau ane biasanya makan pepaya ditambah agar-agat gan dan disajikan pas dingin, Brrr enaknya :D hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil