Skip to main content

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Donor Darah!!



Donor darah merupakan kegiatan yang baik,dimana selain kita bisa membantu orang yang membutuhkan darah, banyak manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan ini.
Kegiatan donor darah bisa menjadi ciri kalau kita termasuk ke dalam golongan orang yang peduli. Peduli kepada sesama dan peduli kepada diri sendiri.
Selain bermanfaat bagi si penerima dan bagi kita, donor darah merupakan suatu amal kebaikan.
Dan itu bisa menjadi pahala bagi kita jika melakukannya dengan niat yang ikhlas dan tulus.

MANFAAT DONOR DARAH :

Manfaat bagi Penerima

Darah yang kita berikan kepada penerima bisa membuat waktu hidupnya sedikit lebih lama. Karena di beberapa situasi ada orang yang harus melakukan transfusi darah secara rutin.
Dengan kita mendonorkan darah kita berarti kita membantunya untuk bisa hidup sedikit lebih lama.

Manfaat bagi Pendonor



1.Pemeriksaan kesehatan secara berkala
Dengan kita rutin mendonorkan darah berarti kita sudah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, karena sebelum darah kita diambil, kita akan melewati beberapa tahapan pemeriksaan seperti mengecek tekanan darah kita,berat badan kita,dll. Dan semua tahapan itu bertujuan untuk memastikan tubuh kita prima dan memenuhi syarat untuk melakukan donor.
 
2.Pembaruan sel-sel darah
Ketika kita mengeluarkan darah,tubuh kita akan otomatis memproduksinya kembali. Setidaknya 48 jam setelah donor darah. Dan dengan sel-sel darah baru kiata menjadi lebih segar dan produktif.

3.Menurunkan berat badan
Ketika kita melakukan donor darah,kalori di dalam tubuh kita akan terbakar. Untuk setiap 500ml darah yang kita keluarkan,kalori yang terbakar mencapai 650 kalori.

4.Mencegah penuaan dini
Donor darah secara rutin akan membantu kulit kita beregenerasi secara sempurna.

5.Menurunkan resiko terkena penyakit kanker dan jantung

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan ini baik untuk tubuh maupun psikis kita.

Tidak ada  balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula) [Q.S ar Rahman : 60]

Dengan kita rajin mendonorkan darah kita berarti kita telah menumpuk kebaikan dan semoga kebaikan itu akan menjadi bekal bagi kita mengarungi kehidupan.
jadi,maukah Anda mendonorkan darah Anda? 


Comments

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil