Skip to main content

Air Kelapa Berbahaya Bagi Tubuh?



Dari dahulu kala pohon Kelapa dikenal sebagai pohon 1001 manfaat. Mulai dari buah sampai ke batang-batangnya kelapa memiliki manfaat bagi kehidupan kita.

Begitu pun dengan airnya, minuman yang menjadi primadona di pantai ini selain rasanya yang menyegarkan dan terkenal bisa mengembalikan cairan tubuh ternyata memiliki manfaat lain.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari air kelapa :

1.Membantu Dalam Penurunan Berat Badan
Kandungan lemak yang rendah dalam air kelapa dapat membantu anda dalam penurunan berat badan. Air kelapa adalah minuman alami jauh dari bahan kimia sehingga ketika anda meminumnya perut akan terasa penuh dan mampu menahan rasa lapar lebih lama.

2.Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin B dalam air kelapa mampu memperbaiki jaringan kulit. Untuk hasil yang lebih baik,minumlah air kelapa secara teratur dan usapkan ke bagian kulit.

3.Obat Mabuk
Air kelapa Mengandung banyak elektrolit yang berfungsi untuk menyeimbangkan cairan tubuh.

4.Baik untuk Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada air kelapa mampu membantumencegah gangguan pencernaan dan mengurangi terjadinya refluks asam. (refluks asam=pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan )

5.Meningkatkan hidrasi
Kandungan  dalam air kelapa jauh lebih efektif menghidrasi tubuh manusia daripada minuman energi.

6.Mengurangi Tekanan Darah
Tingkat elektrolit yang tidak proporsional dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Air kelapa memilki kandungan yang mampu menyeimbangkan elektrolit.

7.Kaya akan Antioksidan
Antioksidan dalam air kelapa mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan Air Kelapa
Air kelapa mengandung protein,lemak,karbohidrat,vitamin dan mineral. Berikut beberapa kandungan vitamin dan mineral yang di kutip dari nutritiondata.self.com :


Vitamins

Minerals
  Vitamin C
  Thiamin
  Riboflavin
  Niacin
  Vitamin B6
  Folate
  Pantothenic acid
  Choline

Iron
Calcium
Magnesium
Phosphorus
Potassium
Sodium
Zinc
Copper
Manganese
Selenium



Tips Konsumsi Air kelapa

Tidak ada aturan keras dan cepat mengenai jumlah yang harus dikonsumsi setiap hari, tetapi para ahli dari Mayo Clinic sangat menyarankan agar Anda mempertimbangkan untuk mempertahankan gaya hidup aktif jika mengkonsumsi sejumlah besar air kelapa karena setiap delapan ons air kelapa disertai dengan 45-60 kalori.

-Untuk yang aktivitasnya tidak terlalu berat cukup konsumsi 1-2 gelas per hari untuk orang dewasa.
-Tidak disarankan untuk bayi,konsultasikan ke dokter sebelum memberikannya pada bayi.
-Ada baiknya tidak di konsumsi pada malam hari,karena air kelapa ini mudah diserap oleh tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan glukosa di dalam tubuh kita berlebih.

Apapun yang berlebihan memang selalu tidak baik bukan? begitu pula dengan air kelapa.
Berikut beberapa dampak negatif apabila kita mengonsumsinya secara berlebihan :



1.Dapat Menyebabkan Diare
Apabila di konsumsi dalam takaran yang wajar,air kelapa memang mampu membantu melancarkan pencernaan. Tapi apabila terlalu banyak mengkonsumsinya air kelapa justru akan membuat kita diare.

2.Dapat Menyebabkan Kejang Otot
Kandungan kalsium dalam air kelapa dapat merangsang terjadinya kejang. Ini terjadi bila di konsumsi secara berlebihan.

3.Menyebabkan Penyakit Jantung
Untuk penderita ginjal sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsinya,memang air kelapa mampu membantu meluruhkan batu ginjal tapi sebaiknya periksa dulu secara menyeluruh dan minta saran dokter untuk mengkonsumsinya. Karena untuk orang yang menderita penurunan fungsi ginjal,air kelapa justru akan membahayakan jantung.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Konsumsi Pisang

Tips Lainnya
1.Tetap konsumsi air mineral karena air kelapa saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral harian kita.
2.Jangan tinggalkan susu sapi, meskipun kandungan asam amino non esensial pada air kelapa lebih tinggi daripada susu sapi. Namun kandungan vitamin dan mineral dalam susu sapi lebih baik daripada air kelapa.

Sekali lagi konsumsilah dengan bijak dan secukupnya. 


Comments

  1. emang sih kalo segala yang berlebihan gg bagus.. termasuk air kelapa yg punya 1001 manfaat. tp klo dikonsumsi berlebihan gg bagus :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil