Skip to main content

Bahaya Konsumsi Bawang Putih Berlebih!!


Bawang putih adalah sejenis tanaman yang termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian. Tidak jauh berbeda denagn saudaranya bawang merah. Bawang putih pun biasa dijadikan bumbu di beberapa masakan.
Karena baunya yang tajam dan rasanya yang agak keras. Bawang putih jarang di konsumsi dalam keadaan mentah.

Kebanyakan di kita menyajikan dengan cara di goreng dan dijadikan taburan di beberapa makanan. Tidak sedikit juga makanan yang menggunakan bawang putih sebagai bumbu.
Selain menambah lezat aroma dan rasanya,bawang putih ini memilki manfaat yang tidak kalah dari saudaranya,bawang merah.

Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapat dari mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang tepat :

1. Anti Kanker

Kandungan sulfida alil pada bawang putih ini lah yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga tidak heran kalau bawang putih disebut sebagai herbal anti kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi bawang putih secara berkala terbukti cukup ampuh menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8 persen.

3. Mengatasi Radang Tenggorokan

Sifat antibakteri pada bawang putih mampu menurunkan resiko radang tenggorokan yang diakibatkan oleh udara dingin. Selain itu dengan mengonsumsinya secara berkala,bawang putih mampu mencegah seseorang terkena bronkhitis kritis.

4. Meningkatakan Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia hormon estrogen akan menurun. Untuk wanita,konsumsi bawang putih mampu menguatkan kesehatan tulang karena menurunnya hormon estrogen. selain itu bawang putih pun mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mengatasi penyempitan dan pembekuan pembuluh darah

5. Menurunkan Berat Badan

Zat allicin yang terdapat pada bawng putih ini lah yang berperan dalam menurunkan berat badan kita.

6. Sumber Antioksidan

Bawang putih terkenal dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Antioksidan mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

7. Anti Bakteri,Anti Virus dan Anti Jamur

Karena sifat anti jamur yang dimilikinya lah,tidak jarang bawang outih dijadikan obat untuk beberapa penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.

Kandungan Bawang Putih
Berikut kandungan gizi yang terdapat pada bawang putih yang dikutip dari organisasi.org :




Resiko Kesehatan
Tentunya apapun yang dikonsumsi berlebihan selalu memiliki resiko kesehatan,mengonsumsi bawang putih secara tidak benar dan berlebihan mampu menyebabkan resiko kesehatan berikut beberapa diantaranya :

1. Merusak saluran Pencernaan

Memakan bawang outih secara mentah dan berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan atau iritasi pada lambung

2. Penyebab Bau

Konsumsi bawang putih berlebih mampu menimbulkan bau yang kurang sedap, baik itu pda mulut kita maupun pada keringat.

3. Bersifat Antikoagulan

Karena memiliki sifat antikoagulan atau mengencerkan darah,bawang putih bisa jadi penyebab pendarahan berlebih.

Konsumsi dengan bijak dan kenali tubuh anda adalah cara terbaik ntuk mengurangi resiko kesehatan yang dapat ditimbulkan.



Comments

  1. Wow, baru tau aku manfaat bawang, makasi infonya.. Apakah bawang juga bisa buat mengusir vampire ya kayak di film film? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak bisa gan.. soalnya di indonesia gak ada vampir.. haha

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil