Skip to main content

Adakah Efek Samping dari Minyak Zaitun?


Minyak zaitun adalah minyak dari tanaman zaitun. Zaitun sendiri merupakan tanaman yang berasal dari wilayah mediterania. Minyak zaitun dari dahulu terkenal dengan khasiatnya di bidang kecantikan maupun kesehatan.

Banyak yang memanfaatkan minyak zaitun untuk perawatan kulit dan juga dikonsumsi,baik secara langsung atau pun menjadi pengganti minyak goreng. Tidak heran Tidak heran jika minyak zaitun ini dijadikan sebagai bahan alami perawatan kulit karena minyak zaitun sendiri kaya akan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit.

Berikut kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang diambil dari USDA :


Manfaat Lain dari Minyak Zaitun :

1.Anti Inflamasi
Antioksidan jenis polifenol yang terdapat pada minyak zaitun mampu melindungi sl-sel dari ancaman kerusakan. Selain itu menurut para peneliti,polifenol  baik untuk kesehatan tulang dan pencernaan ditambah lagi polifenol dapat meningkatkan fungsi otak (kognitif).

2.Pencegahan Kanker
Wanita yang rajin konsumsi minyak zaitun memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara.

3.Kolesterol Baik
Lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol lain dalam tubuh.

4.Menjaga Kulit Tetap Lembab

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun ini lah yang berperan dalam menjaga kulit tetap lembab.

5.Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan yang kaya pada minyak zaitun dan kandungan zat linoleic acid nya mampu menjaga kulit tetap prima. Zat linoleic acid berperan dalam menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga mampu menurunkan resiko keriput pada wajah.

6.Dapat Menurunkan Berat Badan
Konsumsi 1-2 sendok makan minyak zaitun 2 jam sebelum makan mampu menurunkan berat badan.


7.Mampu menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan antioksidan dan lemak tak jenuh nya mampu melindungi jantung dari ancaman penyakit dan mampu menjaga kesehatan jantung.

Efek Samping

Efek samping dari minyak zaitun ini bisa terjadi pada mereka yang memiliki alergi terhadap minyak ini. Meskipun tidak terlalu berat efeknya jika di konsumsi berlebihan namun harus selalu di ingat "apapun yang berlebihan selalu tidak baik". Konsmsi secukupnya dan seperlunya.
Tambahan : Konsultasikan ke dokter bagi anda wanita yang sedang hamil/menyusui,memiliki penyakit diabetes dan operasi bedah karena minyak zaitun ini dapat mempengaruhi gula darah.


Comments

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil