Skip to main content

6+ dan -2 Buah Belimbing !!


Kalian suka makan buah belimbing? yuk simak seberapa dahsyat buah ini berperan bagi kesehatan kita. Buah yang biasa tumbuh di negara tropis ini memiliki kadar kalori yang lebih rendah dibanding dengan buah tropis lainnya. Buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini selain rasanya yang menyegarkan ternyata buah yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kita.

Manfaat Belimbing

1. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang kaya dalam belimbing inilah yang mampu mencegah dan menghambat tumbuhnya sel kanker. Vitamin C memang terkenal dengan sebutan Antioksidan alami yang kuat jadi tidak heran kalau belimbing yang kaya vitamin C ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Sumber Antioksidan

Belimbing kaya akan antioksidan salah satunya flavonoid polifenol dan dengan banyaknya antioksidan yang terdapat dalam buah belimbing,buah ini sangat baik untuk mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah yang satu ini pun kaya akan kandungan serat. Serat membuat pencernaan berjalan dengan lancar dan dapat mengikat lemak yang berada pada dinding usus. Sehingga selain melancarkan pencernaan,buah ini pun mampu menjaga kesehatan usus.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat

Zat pektin yang terdapat pada buah belimbing mampu mengikat lemak dan mengeluarkan asam. Sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Dan jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat,buah ini baik bagi penderita gejala diabetes.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan mineral yang terdapat pada buah belimbing seperti kalium dapat mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan konsumsi belimbing secara rutin maka bisa mengatasi masalah tekanan darah. Dengan catatan konsumsi secukupnya sesuai yang disarankan dokter.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan jerawat,tidak ada salahnya mencoba konsumsi belimbing. Kandungan zinc pada buah belimbing dapat menangkal tumbuhnya jerawat di wajah anada.

Resiko Kesehatan
- Memperparah Penyakit Ginjal

Bagi kalian yang memilki riwayat penyakit ginjal alangkah lebih baiknya untuk konsultasi ke dokter sebelum memakannya. Karena kandungan asam oxalat yang tinggi pada buah belimbing dapat memperparah sakit ginjal ini. Selain itu racun pada belimbing manis tidak dapat di saring dan dibuang sehingga dapat memperparah keadaan ginjalnya.

- Dapat Sebabkan Diabetes

Konsumsi dalam jumlah yang tepat buah ini baik bagi penderita gejala diabetes,namun jika dikonsumsi secara berlebihan buah ini bisa menjadi penyebab penyakit diabetes. Kenapa? Karena kandungan glukosa yang cukup tinggi pada belimbing manis. Sehingga konsumsilah dengan bijak dan secukupnya agar dapat mendapat manfaatnya.

Di bawah ini kandungan gizi dari buah belimbing yang saya ambil dari wikipedia :

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil