Skip to main content

Adab Menuju Kamar Kecil (Toilet)




Di dalam agama Islam sudah tertera adab atau tata cara dalam menjalani setiap aktivitas. Adab atau tatacara ini ditunjukan oleh rasulullah SAW. Dan bila dikerjakan maka akan mendapat pahala karena ini merupakan sunnahnya.

Begitu pun ketika masuk kamar mandi. Ada tatacara atau adab tersendiri yang diajarkan oleh rasulullah SAW. Berikut beberapa adab sesuai sunnah rasul yang saya pahami sampai saat ini.

Adab Menuju Kamar Kecil

1. Ketika hendak masuk kamar kecil, langkahkanlah kaki kiri terlebih dahulu dan berdo'a lah sebelum memasukinya.
Do'a masuk kamar mandi :

 ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI
Yang artinya : Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.

2. Ketika hendak keluar dari kamar kecil,dahulukanlah kaki kanan terlebih dahulu saat keluar dari kamar mandi,seraya berdo'a.
Do'a keluar kamar mandi :

 ALHAMDULILLAHILLADZII ADZHABA ANNIL ADZA WA'AAFANII
Yang artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat.

Adapun adab ketika buang air kecil

1. Pria
Untuk pria disunnahkan buang air kecil dengan posisi jongkok. Selain sunnah dan pastinya dapat pahala karena melaksanakannya,buang air kecil dengan posisi jongkok pun direkomendasikan di dunia medis.
Kenapa? karena ketika kita buang air kecil dalam posisi jongkok,semua cairan urin akan dikeluarkan secara sempurna. Untuk menuntaskannya dianjurkan berdehem atau batuk-batuk kecil 3x dan mengurut batang kemaluan. Ini bertujuan agar tidak ada sisa urin.

Sisa urine yang belum terbuang seluruhnya dapat menyebabkan kanker prostat bagi pria. Jadi bukan sekedar sunnah tapi juga memang sangat baik bagi kesehatan kita.

2. Wanita
Untuk wanita posisinya sama yaitu jongkok. Menurut pengajian yang pernah saya ikuti,  Ada baiknya ketika buang air kecil kaki sedikit jingjit, untuk menuntaskannya urut bagian antara perut dan kemaluan. Tujuannya untuk mengeluarkan semua urin. Urin yang tertinggal ini lah yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Tambahan Lainnya

1. Tidak boleh berbicara di dalam kamar kecil apalagi bernyanyi.
2. jangan membawa sesuatu yang bertuliskan asma Allah dan RasulNya.
3. Dianjurkam mengenakan alas kaki saat masuk ke kamar kecil.
4. Jangan buang air kecil di lubang yang ada hewan-hewannya.
5. Jangan buang air kecil di tempat terbuka.
6. Gunakan batu yang suci jika tidak ada air.

Cukup sekian pembahasan mengenai adab di kamar kecil. Bila ada tambahan silakan tambahkan di kolom komentar nanti saya tambahkan ke artikel ini.

Sekali lagi ini berdasarkan sunnah yang sampai saat ini saya ketahui. Bila ada yang lebih baik dan lebih jelas selakan di share agar bisa menambah pengetahuan saya. Terima kasih.    

Comments

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil