Skip to main content

Berbahayakah Lari di Malam Hari ?



Ada beberapa mitos yang beredar di kalangan masyarakat tentang kebiasaan lari di malam hari ini. Salah satunya bisa menyebabkan paru-paru basah.

Namanya juga mitos,kebenarannya pun belim tentu pasti. Berikit jawaban dari dr Zubaedah.sp P mengenai mitos paru-paru basah ini :

"Penyakit paru-paru basah merupakan istilah orang awam dan tidak ada istilah itu di dunia medis. Perlu diketahui, penyakit tersebut disebabkan oleh kuman,bukan akibat olahraga malam yang sekaligus juga dipicu oleh daya tahan tubuh yang lemah sehingga mudah terkena penyakit."

Saya rasa jawaban di atas sudah cukup mematahkan mitos itu. Jadi bagi kalian yang ingin melaksanakan lari di malam hari tidak perlu khawatir selama kalian memiliki daya tahan tubuh yang baik. Lebih baik olahraga di malam hari dari pada tidak sama sekali.

Berikut ada beberapa tips bagi Anda yang baru mau memulai lari di malam hari :

1.  Gunakan Baju Berwarna Cerah

Jarak pandang para pengendara di malam hari berkurang,bagi Anda yang akan berlari di malam hari ada baiknnya mngenakan baju berwarna cerah. ini bertujuan agar bisa terlihat oleh pengendara sehingga mampu meminimalisir terjadinya tertabrak oleh pengendara motor atau mobil.

Menggunakan baju "glow in the dark" jauh lebih baik daripada menggunakan baju berwarna cerah.

2. Sesuaikan Pakaian Dengan Kondisi Cuaca

Ini cukup penting karena ini bisa memengaruhi kenyamanan kalian dalam berlari dan tentunya bisa meminimalisir kedinginan atau kepanasan secara berlebih.

3. Tetap Fokus

Hindari kegiatan-kegiatan yang dapat mengaburkan konsentrasi seperti mendengarkan musik. Bagi Anda yang berlari di luar ruangan ada baiknya tidak sambil mendengarkan musik karena ini dapat mengurangi tingkat kewaspadaan Anda,selain itu mendengarkan musik menggunakan earphone akan menyebabkan keringat menempel di earphone dan ini bisa menjadi tempat untuk bersarangnya bakteri.

Bagi yang berlari di dalam ruangan,mendengarkan musik bisa menambah energi sebesar 15% dengan catatan tidak menggunakan earphone.

4. Larilah dengan Teman

Untuk Anda yang baru memulai ada baiknya membawa teman,ini berguna untuk mengurangi rasa bosan dalam berlari. Saya pernah mencoba lari sendiri dan hasilnya baru 15 menit langsung pulang. hihi.. sedikit berbagi pengalaman.

5. Jangan Lari di Tempat yang Banyak Pepohonan

Lho kenapa gak boleh? bukannya bagus ya? itu pun yang ada di pikiran saya. Faktanya lari di tempat banyak pepohonan hanya disarankan jika kalian lari di pagi atau siang hari. Karena ketika malam hari pohon dan tumbuhan tidak memproduksi oksigen. Pada malam hari pohon dan tumbuhan mengeluarkan karbondioksida. Dan itu bisa menyebabkan anda kekurangan oksigen. 

Itulah tips bagi kalian yang ingin mencoba lari di malam hari. Silakan share jika ini bisa bermanfaat bagi yang lain. Terima kasih.

Referensi : banyobiroe

Comments

  1. Maaf gan yang itu saya belum tahu.. agan bisa coba cari info y di youtube.. perasaan dulu dr oz indonesia pernah bahas masalah itu..
    Terima kasih sudah memberi respon.. :-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil