Skip to main content

Jangan Kebanyakan Makan Semangka!!


Kalian pasti tidak asing lagi dengan buah yang satu ini kan? Buah yang ketika digigit mengeluarkan air yan cukup banyak. Betul, ini adalah semangka. Buah yang cukup familiar di negara kita.

Buah yang berbentuk seperti bola ini memang paling pas dinikmati ketika musim panas atau musim kemarau. Rasanya yang manis dan memilki banyak air ini menjadi pilihan tepat ketika berada di cuaca panas. Rasanya begitu menyegarkan ketika makan buah ini di cuaca panas. 

Buah yang memiliki nama latin (citrullus lanatus) ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah dari buah lainnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapat adari buah semangka :

1. Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Semangka merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Seperti yang kita tahu vitamin C ini memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga kita bisa lebih terjaga dari serangan penyakit-penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

2. Perlindungan Dari Radikal Bebas 

Karotenoid yang terdapat pada buah semangka mampu membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

3. Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten yang terdapat pada buah semangka ini lah yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Betakaroten dalam buah semangka akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Dan Vitamin A terkenal dengan kemampuannya menjaga kesehatan mata.

4. Jantung yang Lebih Sehat

Likopen yang terdapat pada buah semangka inilah yang berperan untuk menjaga jantung. sehingga jantung kita menjadi lebih sehat.

5. Menurunkan Berat Badan

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah semangka adalah citruline dan citruline ini mampu mengurangi lemak yang berlebih dalam tubuh.

6. Memperkuat Tulang Tubuh

Kalium yang terdapat pada buah semangka ini mampu mempertahankan kalsium dalam tubuh. sehingga sendi dan tulang akan lebih sehat karena terjaganya kalsium dalam tubuh.

7. Organ Ginjal yang Lebih Sehat

Mengkonsumsi buah semangka dapat meningkatkan aliran urine.Aliran urine yang lancar maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal.

Resiko Kesehatan

Dilansir vemale.com mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan dapat menyebabkan :

1. Hyperkalemia

Hyperkalemia adalah kondisi dimana tubuh kelebihan potassium. Kelebihan potassium dalam tubuh dapat mengakibatkan gangguan sistem kerja otot dan syaraf serta membuat detak jantung tak beraturan. Kelebihan potassium pun dapat melemahkan fungsi ginjal,karena ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan potassium yang berlebih.

2. Gangguan Pencernaan

Meskipun lycopene diperlukan oleh tubuh namun jika tubuh kita kelebihan lycopene itu pun akan berdampak buruk bagi tubuh kita. salah satu dampak nya adalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar,kembung,timbulnya diare, mual hingga muntah.

Kandungan


Dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) buah semangka memilki kandungan sebagai berikut :
per 250g semangka mengandung : 85 kalori, 3 mg sodium, 314 mg potassium, 21 g karbohidrat, 1.1 g serat, 17 g gula dan protein sebesar 17g.
Beberapa vitamin seperti vitamin A,Vitamin C,Vitamin D,Vitamin B-12 dan Vitamin B-6. Serta beberapa mineral seperti : kalsium, iron dan magnesium

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Referensi : intips-kesehatan

Comments

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil