Skip to main content

Pengalaman Bersama Kunyit !!



Pengalaman saya dulu dengan rempah yang satu ini cukup mesra. Pasalnya hampir setiap hari saya harus memakan masakan yang kaya akan kunyit. Penyebabnya karena saya tidak bisa menjaga kesehatan tubuh saya dan pola makan saya yang terbilang bebas. Sehingga pada suatu hari saya terkena penyakit gejala liver,salah satu penyakit yang yang termasuk ke dalam penyakit gangguan hati.

Mata,kuku dan kulit saya menguning. Setiap apa yang saya makan pasti dimuntahkan lagi. Satu-satunya makanan yang masuk waktu itu cuma buah apel. Dan akhirnya saya periksakan diri ke dokter dan kata dokter saya terkena gejala liver. Selain memberi obat-obatan dokter pun menyarankan untuk makan yang "amis" seperti ikan dan konsumsi masakan yang mengandung kunyit.

Dan Alhamdulillah setelah rutin mengonsumsi semuanya,saya pun sehat kembali. Saya merasakan kalau kunyit ikut berperan dalam pengobatan dan pemulihan sakit saya waktu itu.

Setelah saya mencari informasinya,ternyata kunyit mampu meningkatkan fungsi hati. Dan saat ini saya ingin membagikan apa yang saya tahu tentang kunyit yang saya baca dari beberapa sumber. Berikut adalah kandungan kunyit yang luar biasa.

Kandungan Kunyit

1. Kunyit Mengandung Curcumin
Curcumin adalah sejenis senyawa yang memberi warna kuning pada kunyit dan curcumin ini termasuk salah satu antioksidan yang kuat.

2. Kunyit Mengandung Minyak atsiri
Minyak atsiri biasa disebut sebagai antiseptik alami. Minyak ini mampu menghancurkan smua virus dan bakteri uji sekaligus mampu menjaga keseimbangan tubuh.

Ini kandungan lainnya dari kunyit yang saya ambil dari wikipedia :



Setelah mengetahui kandungannya,pastti ingin tahu juga kan manfaat dari rempah yang satu ini kan? Baiklah mari kita lanjut. Berikut beberapa manfaat kunyit yang berhasil saya rangkum.

Manfaat Kunyit

1. Dapat Mencegah Kanker
Curcumin pada kunyit merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan itulah yang dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh seperti penyakit kanker ini salah satunya.

2.Meningkatkan Fungsi Hati
Berdasrkan sebuah penelitian, selain memilki sifat antioksidan ternyata kunyit pun dapat meningkatkan sistem detoksifikasi. Dan itu dapat memperingan tugas hati sehingga bisa meningkatkan fungsi hati.

3.Melindungi Pembuluh Darah
Antiopksidan yang kuat seperti curcumin dapat mencegah oksidasi kolesterol dalam tbuh. Dengan tercegahnya oksidasi kolesterol maka pembuluh darah akan bebas dari plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

4.Mencegah Depresi
Salah satu kandungan kunyit memiliki fungsi untuk membantu proses neurotropik dan itu membuatnya mampu memberikan efek anti depresan.

Sebenarnya masih banyak kegunaan dan manfaat kunyit. 4 poin diatas adalah hal yang paling wow menurut saya. Kalian bisa melihat manfaat lainnya di website yang ada di bagian referensi.

Resiko Kesehatan

Meskipun manfaatnya banyak,kita juga harus tetap berhati-hati dengan efek samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi kunyit yang berlebihan. Berikut efek samping yang disebabkan konsumsi kunyit yang berlebihan :

1. Susah diserap tubuh
Ini salah satu kekurangan yang dinilki kunyit. Ada baiknya kalau akan membeli suplemen kunyit cari yang ada piperinnya. Piperin dapat membantu mempercepat penyerapan kunyit sehingga dapat merasakan manfaat maksimal dari rempah satu ini.

2. Gangguan Lambung
Terlalu banyak konsumsi kunyit dapat menyebabkan gangguan lambung. Ada baiknya konsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

3. Pendarahan
Kunyit mampu menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Tetapi perlu berhati-hati juga karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak tepat bisa mengakibatkan pendarahan.

Resiko kesehatan lainnya yaitu bisa merangsang rahim dan dapat menurunkan efek kemoterapi.

Mudah-mudahan informasi diatas bisa bermanfaat bagi yang kalian. oiya jaga pola makan dan kesehatan tubuh ya, ya minimal olahraga dikitlah.. hehe
Boleh di share kok!! Terima kasih.

referensi : manfaat.co.id




Comments

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil