Skip to main content

Tips Hujan-Hujanan



Di saat musim hujan seperti ini kita diharuskan membawa jas hujan bagi yang suka beraktivitas di luar rumah. Tapi terkadang ada beberapa situasi yang membuat kita tidak bisa mengenakan jas hujan tersebut.

Pernahkan ketika jalan sama si doi terus hujan,jas hujan tinggal satu. Dan sebagai cowok kita harus merelakan jas hujan itu untuk di pake doi. Bukan apa-apa biar terlihat keren dan sebagai bentuk perhatian juga. Benar bukan?
Atau ada saat dimana kita lupa bawa jas hujan dan ada tempat yang perlu didatangi untuk beresin kerjaan atau untuk bisa sampai cepat di rumah.

Nah kadang situasi-situasi seperti diatas mengharuskan kita untuk berhujan-hujanan. Pada dasarnya hujan diciptakan untuk kebaikan kan? Bumi selalu lebih cerah setelah hujan turun. Tanaman tumbuh subur.

Terkadang banjir,tapi itu bukan salah hujan. Yang salah itu ya kita. ya kita atau biasa di sebut manusia. Karena kelalaian kita lah seolah hujan berdampak negatif bagi kita.

Sama seperti ketika hujan kita lebih sering sakit-sakitan,kalau menurut saya pribadi sih. Hal ini bisa jadi karena emang jalan ujian dari Tuhan atau kelalaian kita. Misal ketika hujan datang,pikiran kita sudah tersetting kalau hujan itu sakit. Beda halnya dengan mereka (ojek payung),mereka berpikir hujan itu rejeki.

Makanya mereka tetap sehat. Nah cara berpikir kita inilah yang perlu kita rubah salah satunya. Selain cara berpikir,cara kita hujan-hujanan pun mempengaruhi. Kalau kita terpaksa untuk hujan-hujanan,ada baiknya kalau kita ketahui dulu cara hujan-hujanan.

Berikut tips hujan-hujanan yang aman :

1. Jangan Hujan-hujanan di 10 menit pertama

Kenapa tidak boleh hujan-hujanan di 10 menit pertama? Hujan yang berlangsung di sepuluh menit pertama itu berfungsi untuk membersihkan udara-udara kotor. Nah pas hujan turun itulah kotoran-kotoran yang ada di udara terikat dengan air. Dan ketika air itu mengenai kulit kita bisa menyebabkan sakit. Karena kotoran dan bakteri yang ada di udara masuk ke dalam tubuh kita.

2. Basahi Kaki Terlebih Dahulu

Suhu tubuh kita ketika hujan itu akan meningkat,ini bertujuan agar tubuh kita selalu hangat. Kenapa basahi kaki dahulu? ini untuk mencegah perubahan suhu ekstrim pada tubuh. Dengan membasahi kaki dahulu,suhu tubuh akan menurun dan mulai menyesuaikan dengan keadaan. Pernah kan kalian lihat ketika air panas dalam satu gelas ditambah air es? apa yang terjadi? gelas bisa pecah kan. Nah begitu pula tubuh kita.

3. Mandi Setelah Hujan-hujanan

Ini penting karena meskipun hujan-hujanan bukan di 10 menit pertama tapi masih ada sedikit kotoran-kotoran di udara yang terikat dengan air hujan. Untuk menjaga tubuh tetap sehat,langsung mandi setelah hujan-hujanan adalah pilihan yang baik. Dengan mandi kita akan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh.

4. Minum atau Makan yang Hangat-hangat

Minum atau makan yang hangat-hangat setelah hujan-hujanan itu bisa mencegah masuk angin. Dan lebih enak ja ke tubuh. Betul kan?

Sedikit Tambahan
Ini ada beberapa do'a yang biasa rosulullah panjatkan ketika hujan.

Do'a ketika turun hujan :
Dari Ummul mukminin,'Aisyah radhiyallahu 'anha, "Nabi shallallahu'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan,beliau mengucapkan, "Allahumma shoyyiban nafi'an"(Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)". (HR.Bukhari no.1032)


Jika tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang lainnya,silakan share ke teman-teman kalian. Terima kasih

referensi : Dr.Oz indonesia dan Rumaysho



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil