Skip to main content

Cara Memilih Madu Asli agar Mendapat Manfaat Madu yang Sesungguhnya

Cara Memilih Madu Asli
Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah atau serangga lainnya dari nektar bunga. Madu ini terbilang istimewa karena disebutkan juga dalam al-qur'an dan hadist. Selain karena rasanya yang manis, madu ini termasuk obat yang ampuh bagi beberapa penyakit. Tak heran bila madu ini dijadikan alternatif pengganti gula. Selain manis juga aman karena manisnya merupakan manis alami.

Berbicara mengenai madu, madu ini mengandung banyak zat zat baik yang bagus untuk kesehatan tubuh. Manfaat madu ini pun dapat :

Manfaat Madu


1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Madu kaya akan flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan yang mampu membantu menurunkan resiko timbulnya  beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

2. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Menurut director of the Honey Research Unit at the University of Waikato in New Zealand, Peter Molan. "Semua jenis madu merupakan anti bakteri karena lebah menambahkan enzim yang mampu membuat hydrogen peroksida."

Hydrogen peroksida merupakan cairan yang lebih kental dari air yang bisa juga  berfungsi sebagai desinfektan alami.

3.  Mengatasi Ulcer dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Ulcer atau peptic ulcer yang biasa disebut juga tukak lambung merupakan keadaan dimana lambung seseorang mengalami luka atau borok. Dikutip dari realfoodforlife, sebuah riset menunjukan, pengobatan menggunakan madu dapat mengurangi resiko peptic ulcer dan gangguan pencernaan lain yang disebabkan oleh bakteri. Manfaat ini berkaitan dengan manfaat madu sebelumnya, yaitu sebagai anti bakteri.

Baca Juga : Belum Tahu kan Manfaat Lidah Buaya ? Boleh Cek Kedahsyatannya !!

4. Meningkatkan Performa Atletis

Zaman dahulu para atlit olimpiade akan memakan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan performa mereka. Sebuah studi modern sudah memverifikasi kebenaran manfaat madu yang satu ini. Dalam studi nya menunjukan bahwa madu mampu mempertahankan kadar glikogen secara superior dan mampu memulihkan lebih cepat daripada pemanis lain.

5. Mengurangi Iritasi Tenggorokan dan Batuk

Madu mampu membantu mengurangi batuk. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada 110 anak menunjukan, madu (terutama soba madu) mampu meredakan batuk di malam hari dan membuat anak tidur lebih lelap. Ini karena satu sendok soba madu sama dengan dosis tunggal dekstrometorfan.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Nektar yang manis mengandung antioksidan yang mampu mengurangi resiko kerusakan sel pada otak.  Sebuah studi yang di publish pada 2011 dalam menopause menunjukan, wanita menopause yang mengkonsumsi madu cenderung memiliki ingatan jangka pendek lebih tajam daripada mereka yang konsumsi pil hormon.Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan dengan konsumsi 20 gram madu malaysia setiap harinya.

Menurut Dr. Matthew Brennecke (dokter yang bersertifikat naturopati di Rocky Mountain Wellness Center di Fort Collins), Madu memiliki kemampuan untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan ini baik untuk kesehatan otak. Otak membutuhkan kalsium untuk proses berpikir dan pengambilan keputusan.

7. Mengobati Luka dan Luka Bakar

Madu mengandung antibiotik alami yang baik secara internal maupun external. Sebuah penelitian pada tahun 2005 yang di publish di British Journal of Surgery menunjukan salah satu pasien yang menderita luka dan borok kaki mengalami peningkatan penyembuhan yang luar biasa setelah menerapkan aplikasi topikal madu.

Sebenarnya manfaat madu ini banyak sekali namun hanya tujuh yang diatas yang bisa di infokan disini. Saya yakin manfaat madu lebih dari ini, kenapa? Karena madu ini tertulis dalam al-qur'an. Pasti banyak manfaat baik bagi kehidupan.

Madu umtuk Penderita Diabetes, Amankah?


Mengenai apakah madu aman untuk penderita diabetes ini masih menjadi sebuah perdebatan. Ada dokter yang mengatakan ini aman, adapula yang mengatakan tidak aman karena sama saja merupakan gula. Untuk masalah ini, sebaiknya penderita berkonsultasi dengan dokter yang menjadi kepercayaan Anda.

Tidak mengherankan ada yang berpendapat tidak aman karena belakangan ini banyak madu palsu yang beredar. Biaa jadi itu menjadi salah satu kekhawatiran. Kita menganggap madu yang kita konsumsi alami padahal madu itu bisa saja palsu. Itu sangat membahayakan bukan?

Untuk itu kita perlu tahu cara membedakan madu asli dan madu palsu. Agar bisa mendapat manfaat dari madu yang kita konsumsi.

Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu


Untuk membedakan madu asli dan madu palsu ini ada beberapa cara, berikut cara yang bisa dilakukan untuk membedakan madu asli dan madu palsu :

Cara pertama : Menguji madu dengan cara membakar madu

Anda cukup siapkan lilin dan sendok untuk melakukan pengujian. Caranya adalah tuang madu ke sendok kemudian bakar madu tersebut diatas lilin yang menyala.

Setelah beberapa saat madu asli akan mengeluarkan gelembung-gelembung dan madu akan tumpah sedangkan madu palsu saat dibakar akan mengeluarkan buih yang banyak namun tidak tumpah. Dilihat dari warnanya pun madu asli akan lama terbakar dan madu palsu akan lebih cepat terbakar dan gosong.

Cara Kedua : Menguji madu menggunakan kertas koran yang sudah tidak terpakai

Caranya sangat mudah. Anda hanya harus menuangkan satu sendok kecil madu keatas koran.
  • jika madu tersebut asli maka madu akan cenderung menggumpal dan tidak ada cairan merembes ke koran.
  • jika madu tersebut palsu maka madu tersebut akan menyerap ke dalam koran bahkan jika didiamkan madu palsu akan membuat koran mudah sobek. Hal tersebut teejadi karena madu palsu mengandung campuran air.

Cara Ketiga : Menguji madu dengan korek api

Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mencelupkan batang korek api ke dalam madu.
  • Bila madu tersebut asli maka batang korek api akan menyala ketika digesekan ke korek.
  • Bila madu tersebut palsu maka batang korek api tidak akan menyala ketika digesekan ke korek. Ini karena madu palsu mengandung air.

Cara Keempat : Menguji madu dengan air

Ketika kita mencampurkan madu ke dalam air lalu mengaduknya, yang terjadi ialah madu tidak bercampur dengan air, malahan madu tersebut menggumpal. Hal itu menandakan madu tersebut asli.

Namun pada madu palsu yang teejadi ialah madu akan bercampur dengan air dan mengubah warna air menjadi keruh.

Cara Kelima : Mencampur madu dengan telur

Cara kelima atau terakhir yang dapat kita lakukan adalah mencampur madu dengan telur. Sebelumnya pisahkan dahulu kuning telur dari putihnya. Kemudian masukan kuning telur ke dalam gelas dan campur dengan madu kemudian di aduk menggunakan sendok.

  • Jika kuning telur tersebut terlihat mengkristal maka madu tersebut ialah asli. Namun
  • Jika kuning telur tidak mengkristal maka dipastikan madu tersebut palsu.

Proses pengkristalan kuning telur terjadi karena madu mengandung asam sedangkan telur mengandung protein yang akan menggumpal jika terkena asam.

Baca Juga : Sehebat Itukah Manfaat Jeruk Nipis?

Kalian bisa pilih salah satu cara atau menggunakan dua cara dari lima diatas untuk memastikan madu yang kita konsumsi adalah madu asli.

Menurut pelaku yang memproduksi madu palsu, bukan hanya gula dan pemanis buatan yang di gunakan dalam pembuatannya namun mereka juga menggunakan pengawet dan pewarna yang bukan untuk makanan.

Pewarna dan pengawet ini berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, pengawet dan pewarna non food grade mengandung zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker ataupun penyakit lainnya.

Semoga info ini dapat membantu Anda. Tidak perlu di share kecuali bermanfaat.

Referensi : realfoodforlife, medicaldaily, berita islami masa kini (transtv)







Comments

Popular posts from this blog

Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak kejadian di sekitar kita yang dapat kita jadikan pelajaran dan memetik hikmah dari setiap kejadian itu. Salah satunya kisah anak jerapah. Jerapah ini merupakan hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter dan jerapah mengandung selama 13 - 15 bulan. Kisah Anak Jerapah

Buah Alpukat Bikin Gemuk?

Buah yang bernama latin persea americana atau biasa kita sebut dengan alpukat merupakan buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasa menjadi tambahan di beberapa makanan dan minuman di negara tropis ini. Dengan Rasanya yang netral seperti mentega dan teksturnya yang lembut,buah ini cocok untuk dijadikan pelengkap di berbagai jenis makanan dan minuman. Meskipun cuma dijadikan pelengkap,buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat diantaranya : 1.Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Kandungan omega 6 pada buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Se4hingga kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga. 2.Mampu Menurunkan Berat Badan Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat baik untuk pembakaran energi dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh. Pembakaran energi yang lambat

8 Manfaat Mangga dan Efek Sampingnya !!

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia : Jenis-jenis Buah Mangga 1. Mangga Manalagi Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini. 2. Mangga Endog Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memil